21 Agustus 2014
Undang - Undang

...

02 April 2014
Keputusan Kepala Desa

Berisi tentang Keputusan Kepala Desa Seling Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen
1. Keputusan Kepala Desa

...

30 Juli 2013
Teras Desa

Wilayah desa berisi tentang penjelasan dan deskripsi letak wilayah desa. contohnya sebagai berikut :
Batas-batas :
Utara                      : Kelurahan a
Timur                     : Desa b
Selatan                   : Desa c
Barat                      : Kelurahan d dan Desa e
Luas Wilayah Desa Penglatan   : 186,193 Ha
Letak Dan Batas Desa x
Desa Penglatan terletak pada posisi 115. 7.20 LS 8. 7.10 BT, dengan ketinggian kurang lebih 250 M diatas permukaan laut.

...

01 April 2013
Tim Penggerak PKK Desa Pecarikan

Bukan hanya hasil bumi yang selalu menjadi sorotan dunia internasional, sebenarnya selain itu budaya yang kita punya pun tidak kalah bagusnya untuk ditunjukkan ke kancah internasional.
Songket, tenun, batik, ukir dan lain-lain. semua itu adalah kekayaan indonesia dari kearifan lokal yang ditinggalkan nnek moyang kita. dan melalui media website, hal ini dapat kita tampilkan melalui sebuah etalase yang sederhana.hasil kerajinan berkualitas tinggi yang memiliki daya tarik, tidak selalu berimbas negatif dengan menyerahkan tanah air dan tambang kita. lebih baik mengamankan mereka dengan memperkokoh lagi kearifan lokal, sehingga terjaga kelestarian budaya bangsa.

...

kk desa pecarikan

17 AGTUS

Potensi Sumber Daya Alam

Masyarakat desa memiliki potensi untuk maju

Apakah benar masyarakat desa terbelakang……. ? Ada yang mengatakan mereka justru lebih inovatif  dan berpikiran kritis. 

Orang-orang sering mengatakan “masyarakat Desa” punya banyak permasalahan terutama kemiskinan. Hampir semua data dan laporan menuliskan, angka keluarga miskin mencapai 75 % dari jumlah keluarga yang ada.  Padahal kalau kita melihat realita di lapangan,  sebenarnya angka yang dilaporkan itu terlalu terpaut jauh. Diduga ini karena pengaruh penentuan kriteria tingkat kesejahteraan  oleh berbagai dinas/instansi dalam memberikan paket bantuan sehingga menyebabkan banyak orang yang menyatakan dirinya miskin.

Sesungguhnya masyarakat desa itu memiliki banyak potensi seperti tersedianya lahan pertanian, ternak dan hasil laut yang melimpah.. Apabila dimanfaatkan dengan baik, tentu potensi desa ini akan dapat memperbaiki ekonomi mereka.

Sayangnya, memang ada beberapa kelemahan mereka yang tidak dapat kita pungkiri. Misalnya pola konsumtif yang cukup tinggi, serta lebih mengedepankan hal-hal yang praktis saja. Ini bisa terjadi karena sudah terlalu terbiasa dengan berbagai bantuan dari proyek pemerintah maupun dari pihak lain (LSM, Perusahaan dll).

Belajar dari pola hidup mereka, sepertinya masyarakat itu sudah diracuni oleh hal-hal yang serba praktis.Pemberian  paket-paket pertanian (pupuk kimia, pestisida/herbisida, benih) menyebabkan mereka sulit untuk berusaha sehingga kesannya kalau tidak ada bantuan maka mereka tidak mau berusaha. Pekerjaan mereka hanya menunggu saja, seakan-akan nasib mereka ditentukan oleh orang lain.

Untuk mengubah pola hidup seperti itu sangat diperlukan sekali proses membangun daya kritis mereka. Selain mengetahui apa yang jadi kelemahan, mereka juga perlu disadarkan bahwa mereka memiliki kekuatan. Kekuatan dalam diri  mereka maupun yang berada disekitar mereka. Mereka memiliki lahan pekarangan. Ini dapat mereka manfaatkan dengan tanaman sayuran baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk dijual. Begitu juga dengan ternak. Mereka bisa gunakan untuk pengolahan lahan, maupun sebagai bahan pembuatan pupuk organik..

Salah satu cara yang dilakukan adalah melibatkan mereka dalam proses monitoring dan evaluasi karena ini menjadi bagian penting untuk memperbaiki pelaksanaan kegiatan. Pendekatan yang dilakukan lagi adalah pendekatan pada keberhasilan yang sudah ada, bukan pada pendekatan masalah sehingga dapat diketahui  kekuatan yang dimiliki oleh masyarakat yang bisa mendukung kearah pemanfaatan potensi yang ada.

Proses monitoring dan evaluasi dilakukan  dengan melibatkan masyarakat sebagai partisipan yang memberikan umpan balik dari apa yang dilakukan maupun yang diamati. Dengan cara ini maka rasa kepemilikan akan sangat tinggi. Belajar dari pengalaman,hampir semua  program yang dinyatakan gagal adalah karena beberapa paket bantuan yang diberikan tidak dapat digunakan dengan baik.Paket modal usaha misalnya malah  digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.  Kalau pendekatan ini terus dilakukan  maka akan membuat masyarakat tetap bodoh dan miskin.

Kekuatan yang dibangun dari masyarakat akan terus dijaga dan ini akan mendorong lahirnya satu komitmen untuk berubah mencapai kemajuan, mengatasi  ketidakberdayaan, mengejar keterbelakangan dan melawan ketidakadilan.

Dengan beberapa fenomena diatas tergambar bahwa masyarakat desa sebenarnya memiliki kekuatan. Mereka dapat membangun daya kritisnya sehingga dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik, segala kebutuhan bisa dipenuhi, dan semua masyarakat akan sejahtera.

Jika kondisi tersebut dapat diwujudkan, maka hampir semua rumah tangga tidak ada lagi yang kekurangan pangan. Mereka dapat memperolehnya dari produksi pemanfaatan lahan pertanian maupun membeli dari perolehan usaha sampingannya, sehingga kebutuhan gizi anak dapat dipenuhi. Mereka pun dapat menggunakan layanan kesehatan untuk mengobati anak-anak mereka jika sakit. Mimpi “mewujudkan kehidupan anak Indonesia yang lebih baik” benar-benar menjadi satu kebanggaan tersendiri.

Selanjutnya kita tidak akan berhenti pada pemenuhan kebutuhan, tetapi kita akan berbicara pada jangka waktu yang panjang.Jika suatu masyarakat sudah sejahtera maka sifatnya akan menggenerasi sehingga tidak ada lagi istilah miskin karena keturunan karena hal itu sudah dikubur dalam-dalam. Inovasi dan pikiran-pikiran kritis  akan jadi bagian dari kehidupan mereka.

Untuk mengarahkan masyarakat desa pada “perubahan” jelas diperlukan komitmen berbagai pihak yang merasa prihatin dengan masyarakat desa., agar beberapa proses pemberdayaan betul-betul dilakukan. Jangan malah sebaliknya membuat mereka tidak berdaya dan  masyarakat ditipu. Transparansi dan menanamkan nilai-nilai kejujuran serta keadilan  menjadi hal penting untuk ditempatkan pada posisi yang paling tinggi. Ini pun akan menjadi teropong yang akan mengarahkan jalannya kegiatan menjadi lebih baik .

 

SDA

POTENSI SUMBER DAYA ALAM

 

 

Memerhatikan pengertian oleh para ahli di atas suatu desa jika memiliki ciri-ciri sbb:

 1.mata pencaharian utama penduduk adalah sektor pertanian .

2.perbandingan antara lahan dan manusia relatif besar.artinya jumlah penduduk relatif sedikit dan lahan nya relatif luas

4.hubungan antar warga relatif akrab

5.biasanya tradisi masih di pegang kuat oleh sebagian besar masyarakat nya.

 Bintarto menjabarkan unsur unsur desa ke dalam tiga bagian yang saling keterkait sehingga merupakan satu kesatuan.ketiga unsur desa tsb adalah sbb.

 1.daerah,dalam arti lahan yang produktifl dan lahan non produktif,beserta penggunaan nya,termasuk juga unsur lokasi ,luas dan batas yang merupakan lingkungan geografi setempat.

2.penduduk   meliputi   jumlah   pertambahan   kepadatan   ,persebaran,dan   mata pencarian penduduk desa setempat.

3.tata kelakuan,dalam hal ini berupa pola tata pergaulan dan ikatan pergaulan warga desa.jadi menyangkut seluk beluk kehiduupan masyrakat desa.

  Berdasarkan bentuk nya,potensi desa dapat di bedakan atas potensi fisik dan non fisik.potensi fiisik merupakan potensi fisik dalam bentul fisik.potensi fisik suatu desa mencakup,tanah, air, iklim, morfologi, dan matahari.

 1.tanah Tanah dalam arti berbagai unsur yang dapat d manfaat kan di dalam nya sebagai sumber mata pencarian dan penghidupan penduduk seperti tambang dan mineral ,sumber tanaman dll.

2.air Untuk memenuhi keperluan hidup sehari hari dan untuk keperluan lainnya,air sebagai potensi fisik berkaitan dengan jumlah kualitas dan tata air nya.

3. Iklim Iklim merupakan salaha satu faktor penting dalam kaitannya dengan bidang

pertanian.

4. Morfologi Keadaan alam misalnya relief buminya.

5. Matahari Merupakan sumber tenaga yang memberikan energi bagi tumbuhan dan banyak.